NEWS
DETAILS
Jumat, 26 Apr 2019 14:24 - HMC MANADO

Menurut sejarah, jazirah Gorontalo terbentuk kurang lebih 400 tahun lalu dan merupakan salah satu kota tua di Sulawesi selain Makassar, Pare-pare dan Manado. Gorontalo pada saat itu menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di Indonesia Timur, yaitu dari Ternate, Gorontalo, Bone. Seiring dengan penyebaran agama tersebut Gorontalo menjadi pusat pendidikan dan perdagangan masyarakat di wilayah sekitar seperti Bolaang Mongondow (Sulut), Buol Toli-Toli, Luwuk Banggai, Donggala (Sulteng) bahkan sampai ke Sulawesi Tenggara. Gorontalo menjadi pusat pendidikan dan perdagangan karena letaknya yang strategis menghadap Teluk Tomini (bagian selatan) dan Laut Sulawesi (bagian utara).

Kali ini beberapa anggota Garuda Riders HMC Manado berkesempatan menikmati Indahnya Gorontalo di malam hari.

Lokasi Pertama yang dikunjungi adalah Lapangan Taruna, tempat berkumpulnya kawula muda di Kota Gorontalo.

Perjalanan selanjutnya menuju Benteng  (Ulanta Hill) di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. Kehadiran dua menara di sisi kiri dan kanan bangunan utama Benteng Ulantha, ditambah bangunan gerbang, serta gazebo di kawasan itu membuat obyek wisata ini semakin menarik.

Berikutnya tidak lupa menyempatkan diri untuk singgah di Salah satu masjid terbesar yang ada di Kab.Gorontalo ialah masjid agung baiturrahman yang berada di pusat Limboto. Dengan desain bangunan masjid yang memadukan dua konsep arsitektur yakni antara bangunan khas Nusantara dan juga khas Arab. Hal ini tampak sangat jelas dari adanya kombinasi atap utama yang berbentuk limas dengan tujuh kubah lainnya yang berbentuk bulat yang menjadi pendamping disekelilingnya.

Tempat terakhir yang dikunjungi HMC Manado karena keterbatasan waktu, yaitu Menara Keagungan Limboto, terletak di tengah kota Limboto, Kabupaten Gorontalo. Menara yang didesain mirip dengan Menara Eiffel di Paris Prancis ini dibangun pada tahun 2002 silam, oleh Bupati Kabupaten Gorontalo, Ahmad Pakaya. Salah satu destinasi wisata yang coba dihidupkan kembali oleh Rachmad adalah Menara Keagungan Limboto di Kabupaten Limboto, Gorontalo.

Touring Wisata kali ini juga bukan hanya bertujuan untuk jalan-jalan tapi juga menjalin silaturahmi dengan bikers di Gorontalo dalam hal ini HMC Gorontalo yang dengan sukarela mengantarkan HMC Manado ke destinasi wisata di Gorontalo.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK