NEWS
DETAILS
Selasa, 20 Mar 2018 07:43 - Honda Community

Bagi anda pemilik sepeda motor dengan sistem pengereman Combi Brake System (CBS), khususnya Honda Honda Vario 125 PGM-FI CBS atau Honda BeAT PGM-FI CBS bisa melakukan penyetelan sendiri.

Memang pengerjaannya bisa dirujuk ke bengkel resmi, namun ini juga bisa dilakukan sendiri lho!

“Untuk penyetelan toleransi, bisa dilakukan melalui baut setelan rem di rem depan atau rem belakang,” kata Abdul Rohim dari bengkel AHASS HTML Motor di daerah Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.
 
Di bagian depan, anda harus membuka cover setang. Setelah itu, cari baut setelan yang berada di master rem depan, tepatnya di bawah.

“Baut ini bisa diputar agar rem belakang bergerak lebih maju lagi dan membuat rem semakin pakem,” ungkap Boim, sapaan akrab Rohim sembari bilang untuk torsi pengencangan baut ini sekitar 6,4 N.m (0,7 kgf.m).

Sementara untuk penyetelan tuas rem belakang, anda cukup memutar baut setelan yang ada di rem teromol. Perlu diketahui, semakin ke dalam rem akan lebih pakem.

“Jarak main atau toleransi tuas rem sekitar 10 - 20 mm. Itu diukur dari keadaan bebas hingga tuas ditarik untuk pengereman,” lanjut Boim.

Satu lagi, anda juga harus mengetahui batas penggantian cakram depan. Standarnya, ckram memiliki ketebalan 3,3-3,7 mm. Jika ketebalannya sudah 3,0 mm. sebaiknya dilakukan penggantian.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK